Article

Trik Mengatur Pengeluaran Jelang Lebaran

RumahCom – Banyaknya kebutuhan dan pengeluaran tak terduga seringkali membuat uang THR habis seketika tak bersisa. Padahal apabila dikelola dengan bijak ada banyak kebutuhan primer yang bisa dibereskan dengan uang THR. Salah satunya membayar uang muka (DP) rumah.

Nah, agar uang THR tahun ini bisa lebih bermanfaat, simak beberapa langkah untuk mengatur pengeluaran secara efisien berikut ini.

1. Buat Anggaran THR yang Jelas

Setelah menerima uang THR, segera pisahkan dari dompet atau rekening bank agar tidak habis terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudian catat daftar keperluan menjelang Hari Raya.

Beberapa pengeluaran pada Hari Raya umumnya seperti berbelanja pakaian baru, membeli daging untuk santapan Lebaran, sampai dengan “salam tempel” dan biaya transportasi mudik.

Kalkulasi pengeluaran tersebut dan sisakan uang minimal 30% untuk disimpan dalam tabungan. Jika dana THR tahun ini terbatas, maka Anda harus berhemat selama bulan Ramadan dan batasi undangan buka puasa bersama atau pembelian tak terduga.

Bagi Anda yang sedang mengumpulkan dana untuk DP rumah, simak tips manfaatkan uang THR untuk beli rumah berikut ini!

Takut tidak sanggup membayar cicilan rumah per bulannya? Simulasikan terlebih dulu cicilannya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com!

2. Cermat Belanja Baju Lebaran

Membeli pakaian baru bisa dibilang tradisi di Hari Raya. Selain momentum yang pas, jelang lebaran biasanya beberapa merek menawarkan diskon menggiurkan. Kondisi ini tentu sangat menggoda diri untuk berbelanja secara berlebihan.

Sebaiknya sebelum membeli, pikir dua sampai tiga kali. Apakah pakaian tersebut nyaman dipakai dan bisa dipadu-padankan dengan koleksi pakaian lainnya di lemari Anda? Jika iya, tak ada salahnya membeli untuk tujuan investasi.

Mau dapat uang tunai total Rp10 juta untuk lima orang pemenang? Ikuti Survey Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2018 di sini!

Survey ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen properti terhadap kondisi pasar properti saat in, yang hasilnya akan berguna bagi para pelaku pasar properti, baik konsumen, penjual, maupun pembuat peraturan.

3. Renovasi Rumah

Pada umumnya, masyarakat Indonesia seringkali merenovasi rumah dalam rangka menyambut hari besar seperti Idul Fitri. Untuk bujet renovasinya sendiri, bisa menggunakan porsi 30% dari uang THR.

Renovasi sendiri ditujukan agar saat open house berlangsung, tamu yang datang akan disuguhi tampilan hunian yang cantik, bersih, dan segar.

Untuk mempercantik rumah, banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya renovasi. Sayangnya, dalam merenovasi rumah ada hal utama yang sering terlupakan yakni pemilihan bahan bangunan yang tepat serta memenuhi kriteria cepat dan mudah diaplikasikan.

Selain itu, kriteria lain yang tak kalah penting adalah material tersebut harus dapat mendukung kreativitas dan estetika, bisa memangkas waktu pengerjaan, serta aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

(Simak Review Properti untuk mengetahui ulasan mendalam tentang hunian incaran Anda)

Sejumlah kriteria tadi sebenarnya bisa ditemukan hanya dalam satu produk dari Saint-Gobain Gyproc Indonesia, yang merupakan produsen papan gypsum dengan merek Gyproc.

Papan gypsum ini dapat diaplikasikan pada langit-langit dan dinding (partisi), sehingga menghasilkan sentuhan seni yang istimewa. Dibanding dengan material lain, plafon gypsum dapat menciptakan hasil berbeda terhadap keseluruhan interior bangunan.

Tidak hanya cepat dalam pengerjaan, papan gypsum juga dapat memberikan hasil akhir yang lebih rapi, mereduksi panas, bahkan beberapa produk mampu memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan.

“Estetika bukan lagi satu-satunya penentu. Di luar produk standar kami juga memiliki Gyptone Big, yang tidak hanya berfungsi untuk keindahan tetapi juga mampu menyerap suara bising dengan maksimal. Motifnya unik dan berbeda, sehingga mampu memberi nuansa visual di ruangan rumah,” jelas Siew Yee Won, Marketing Director Saint-Gobain Gyproc Indonesia.

Hingga saat ini, Gyproc sudah banyak digunakan untuk interior pada berbagai jenis bangunan selain rumah tinggal, yakni kantor, hotel, rumah sakit, apartemen, dan berbagai produk properti lainnya.

THR yang baru saja tiba tentu ideal untuk dialokasikan sebagai penambah tabungan DP rumah. Tak sabar ingin segera membeli rumah dengan cara KPR? Baca dulu panduan Mengajukan KPR di Rumah.com!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

 

Tag:

« Index



Primevestland Group

MUC Building
Jl. TB Simatupang 15
Tanjung Barat - Jagakarsa
Jakarta Selatan 12530

Kontak Hotline : +62 813-8882-2230